Selasa, 07 Februari 2012

Nomina dan Pronomina


Nomina
Nomina atau kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama diri seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.
Kata benda dapat dibagi menjadi dua:
-kata konkret untuk benda yang dapat dikenal dengan panca indera ( misalnya buku ),
-serta kata benda abstrak untuk benda yang menyatakan hal yang hanya dapat dikenal dengan pikiran ( misalnya cinta ).
Selain itu, jenis kata ini juga dapat dikelompokkan menjadi kata benda khusus atau nama diri dan kata benda umum atau nama jenis. Kata benda nama diri adalah kata benda yag mewakili suatu entitas.
Contoh nomina sebagai berikut: - piring
-    Meja
-    Kursi
-    Gelas



Pronomina

pronomina atau kata ganti adalah kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda, seperti aku, engkau, dia. Dalam bahasa Indonesia ada tiga jenis pronomina, yaitu pronomina persona, pronomina penunjuk, dan pronomina penanya.

1.      Pronomina Persona
Pronomina Persona adalah pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. Pronomina persona dapat mengacu pada diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu pada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu pada orang yang dibicarakan (pronomina persona ketiga).





-          Pronomina persona pertama : saya, aku
Bahasa indonesia
minang
Saya/Aku
Aden
Awak
Ambo

Persona pertama tunggal Bahasa Indonesia adalah saya, aku. Kedua bentuk itu adalah bentuk baku, tetapi mempunyai tempat pemakaiannya yang agak berbeda.

-          Pronomina persona kedua : engkau, kamu, anda, kau
Bahasa indonesia
minang
Engkau
Kau
Kamu
We’e
Awak
Anda
Awak
Kau
Kau

Persona kedua mempunyai bentuk jamak.

-          Pronomina Persona ketiga : dia, beliau
Bahasa indonesia
minang
Dia
Nyo
Wee
Paja
Beliau
Baliau




2.      Pronomina Penunjuk
Pronomina penunjuk dalam bahasa Indonesia ada tiga macam, yaitu:
a.       pronomina penunjuk umum,
b.      pronomina penunjuk tempat,
c.       pronomina penunjuk ihwal.

a.      Pronomina penunjuk umum
Pronomina penunjuk umum ialah ini, itu, dan anu. Kata ini mengacu pada acuan yang dekat dengan pembicara/penulis, pada masa yang akan datang, atau pada informai yang akan disampaikan.

b.      Pronomina penunjuk tempat
Pronomina penunjuk tempat dalam bahasa Indonesia ialah sini, situ, atau sana. Titik pangkal perbedaan di antara ketiganya aada pada pembicara: dekat (sini), agak jauh (situ), dan jauh (sana). Karena menunjukan lokasi, pronomina ini sering digunakan dengan preposisi pengacu arah, di/ke/dari, sehingga terdapat di/ke/dari sini,di/ke/dari situ, dan di/ke/dari sana.

c.       Pronomina penunjuk ihwal
Pronomina penunjuk ihwal dalam bahasa Indonesia ialah begini dan begitu. Titik pangkal pembedaannya sama dengan penunjuk lokasi: dekat (begini), jauh (begitu).

     



1 komentar: